Senin, 19 Maret 2012

Harga Sebutir Mutiara



Seandainya suatu hari kau berjalan-jalan di suatu mall, kemudian kau melewati sebuah toko perhiasan dan tiba-tiba saja penglihatanmu terpanah pada kilauan cahaya dari sejajaran perhiasan permata berbahan dasar mutiara, apa yang ada pada benakmu saat itu? Wajar, kau akan terpesona (setelah itu kau akan menyadari bahwa sekocek uang di sakumu tak cukup untuk menebusnya. ups). Meski kemerlapnya tidak seperti berlian, tapi mutiara cukup terang untuk memantulkan cahaya yang elegant.



Adakah yang tahu berapa harga sebutir mutiara? Dasyat, bisa mencapai belasan juta rupiah, bahkan sebuah mutiara berbentuk oval harganya bisa mencapai 250 ribu dollar (sekitar Rp 2,25 miliar). Harga yang menakjubkan untuk sebuah proses luar biasa yang dilakukan oleh seekor organisme mollusca bercangkang yang hidup di antara lumpur (dasar perairan), yang biasa kita sebut kerang (tiram).


Tiram mutiara (Familia Pteriidae) memiliki banyak anggota species yang menjadi primadona di tiap negara. Di Jepang, misalnya, kerang Pinctada fucata yang dikenal dengan sebutan Mutiara Akoya merupakan Japanese Pearls yang menghasilkan kilauan (luster) lebih terang dibanding kerang lain. Yupz, memang selain tingkat kilauan, warna, bentuk, dan keaslian mutiara lah yang menjadi faktor tingginya harga mutiara.


***
Kawand, tahukah, untuk menghasilkan butiran mutiara cantik ini, ada sebuah perjuangan hebat sang kerang versus irritant*???
Saat cangkang kerang terbuka, ada kemungkinan irritant akan masuk ke dalam rongga mantel kerang. Inilah saat sang kerang akan terluka dan sakit. Lalu perlahan ia bungkus benda asing yang menyakitinya itu dengan kantung mutiara (pearl sac) dan berikutnya perlahan akan mensekresikan nacre. Nacre diistilahkan sebagai Mother of Pearl, sedangkan nacre yang di inti disebut mutiara. Kualitas nacre yang dihasilkan menjadi penentu kualitas mutiara secara keseluruhan. Proses ini bernama biomineralisasi, mirip dengan proses pembentukan tulang pada manusia dan hewan bertulang belakang lainnya. 


Sebuah mutiara alami yang terbentuk tanpa intervensi manusia saaangat jaaarang terjadi. Ia ada di antara ratusan bahkan ribuan kerang. Oleh sebab itu, selama berabad-abad ini kata "mutiara" telah menjadi metafora untuk suatu yang sangat langka, baik, mengagumkan, dan berharga.


***
Itulah kalian, kawand... para pengemban da'wah yang lahir dalam suasana lumpur kapitalisme-sekuler; yang tersakiti oleh imperialisme yang sistemik; yang selalu muak dengan ilusi demokrasi... dan kalian sabar untuk terus menempa diri menjadi insan yang memiliki kepribadian tangguh dan menawan dengan balutan cahaya Islam.


Kawand, SELAMAT. Kalian lah mutiara itu. Kalian sungguh berharga di sisi Robb dan kekasihNYA, yang memiliki harga keimanan yang tinggi, sangat tinggi, bahkan tak terjual oleh dunia. Harga yang layak kalian dapatkan hanyalah surga. Allah SWT berfirman, "Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang Mu'min, diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka..." (TQS At-Taubah ayat 111)


Bahkan di surga nanti, kalian akan mendapatkan para mutiara (permata) yang indah.
"Seakan-akan bidadari itu permata yakut dan marjan." (TQS Ar-Rahmaan ayat 58)
"Mereka berada di atas dipan yang bertahtakan emas dan permata." (TQS Al-Waaqi'ah ayat 15)
Rupanya kalian kerennn, khan?? (azik :D) Jadi, jangan bersedih lagi ya, dan jangan berputus asa. Keep istiqomah 'di sini'. 


SemangKA! :D
Smangatz KAwand,,
Smangatz Karna Allah!


*keterangan:
irritant: pengganggu, bisa berupa pasir, benda padat, cacing, atau virus



[hikari] 

3 komentar:

  1. sawangsulna, geulis...
    ternyata kau kerenn khan? Mutiara umat lho... ;)

    BalasHapus
  2. saya punya mitiara oval yang dimaksud diatas........saya berminat untuk menjualnnya......hub saya 0852 7756 3435

    BalasHapus